Ariana Grande (Alb. Thank U, Next / Republic) – Imagine

Padahal Ariana Grande masih menuai sukses dengan single mutakhirnya, ‘Thank U, Next’, tapi rupanya ia sudah tak sabar untuk menyiapkan calon hits berikutnya, berjudul ‘Imagine’. Ia adalah sebuah balada tentang putus cinta yang epik. Masih bersandar pada beat R&B yang intim, track mid-tempo ini memang lebih condong mengedepankan vokal Ari dalam menyanyikan nada-nada tinggi. Agak mengingatkan ‘Dangerous Woman’ secara struktur melodi dan ketukan beat-nya, tapi ‘Imagine’ boleh dikatakan bisa berdiri sendiri dalam menyajikan kekuatan musikalitas seorang Ariana Grande. Single dirilis tanggal 14 Desember.


Skylar Grey (Alb. OST. Aquaman / Warner Bros.) – Everything I Need (Film Version)

Kalau sudah menonton “Aquaman” pasti sudah mendengar lagu terbaru Skylar Grey, ‘Everything I Need’, yang tampil di adegan kredit di akhir filmnya.Sebagaimana yang diduga, Skylar memang menyajikan balada anthemik dalam ‘Everything I Need’. Dimulai dengan perlahan, eskalasi meningkat menjelang chorus sehingga menghadirkan atmosfer yang megah. ‘Everything I Need’ ditulis oleh Skylar Grey bersama Elliott Taylor yang juga merupakan kekasihnya, sehingga tidak heran jika emosi subtil terasa kuat sekali di dalam lagu. Sebuah pilihan yang mungkin agak tidak cocok dengan sebuah film superhero, tapi ternyata pas saja saat didengar di filmnya. Single dirilis tanggal 14 Desember.


Nicki Minaj & Anuel AA feat. Bantu (Alb. OST. Spider-Man: Into the Spider-Verse / Republic) – Familia

Yang juga menyemarakkan album soundtrack “Spider-Man: Into the Spider-Verse” adalah Nicki Minaj yang menghadirkan track berjudul ‘Familia’. Nicki tidak sendiri, karena ada Anuel AA dan Bantu yang membantu dirinya di dalam lagu ini. Menilik judul, kita bisa mengira kalau ada unsur Latin di dalamnya dan memang benar adanya. ‘Familia’ adalah sebuah track reggaeton yang laidback dan mengandalkan beat Latin tadi dengan ekstensif. Sebuah lagu dansa Latin yang menggoda, di mana meski beat tidak terlalu kencang namun tetap mampu mengajak untuk bergoyang. Single dirilis tanggal 14 Desember.


Avril Lavigne (Alb. Head Above Water / BMG) – Tell Me It’s Over

Lagu yang merupakan single kedua yang diambil dari album keenamnya “Head Above Water” adalah ‘Tell Me It’s Over’, yang merupakan sebuah lagu yang musiknya cukup berbeda dari ciri khas seorang Avril Lavigne. Alunan retro pop mid-tempo bergaya doo-woop yang mengingatkan pada musik dari para legenda seperti Etta James, Billie Holiday, serta Ella Fitzgerald. Sebuah power ballad yang menceritakan bagaimana seseorang yang harus mengambil keputusan sebagaimana mestinya terhadap sebuah hubungan yang sudah tidak dapat dipertahankan lagi. Single dirilis tanggal 14 Desember.


Christina Perri (Alb. Songs For Carmella / Atlantic) – you mean the whole wide world to me

Rasanya sudah seribu tahun lamanya setelah terakhir kita mendengarkan sebuah album dari Christina Perri. Tapi penantian akan segera berakhir, karena Christina sudah mengumumkan sebuah album baru. Album memang akan berisi lagu-lagu lullaby alias pengantar tidur dan lagu-lagu manis dan ringan lainnya. Berbarengan dengan pengumuman, Christina merilis salah satu lagu dari album sebagai single pertama, yaitu ‘You Mean the Whole Wide World to Me’. Sebagaimana tema yang diusung Christina dalam album, ‘You Mean the Whole Wide World to Me’ adalah sebuah lagu ceria, manis dan minimalistik karena Christina bernyanyi hanya ditemani piano, dengan nada-nada sederhana yang sangat sing-a-long. Single dirilis tanggal 14 Desember.


The Chainsmokers feat. Winona Oak (Alb. Sick Boy / Distruptor) – Hope

The Chainsmokers akhirnya melengkapi proyek “Sick Boy” mereka dengan menghadirkan single ‘Hope’ yang menampilkan Winona Oak sebagai pengisi vokal. Hope’ menambah daftar lagu “kaya warna” yang dihadirkan The Chainsmokers dalam “Sick Boy”. Kali ini mereka menghadirka sebuah balada mid-tempo yang terdengar agak melankolis. Winona bertugas sebagai pengisi vokal utama, sementara Drew Taggart dari The Chainsmokers juga menghadirkan vokalnya sebagai tandem, meski porsinya relatif lebih minim. Meski berbcorak balada, tentu saja ‘Hope’ masih dihadirkan dengan balutan beat ritmis dan upbeat, sehingga unsur EDM lagu tetap kental terasa. Single dirilis tanggal 14 Desember.


PRETTYMUCH (Single / Simco Limited) – Jello

Ngomong-ngomong soal banger, PRETTYMUCH baru saja menambah daftarnya dengan single baru berjudul ‘Jello’. Dirilis tanggal 14 Desember lalu, single diproduseri oleh Mike Sabath yang sudah sukses dengan ‘Wasabi’ dari Little Mix atau ‘Familiar’ milik Liam Payne. Sabath mengerti jika era 90-an menjadi salah satu yang mempengaruhi PRETTYMUCH sehingga ‘Jello’ juga dibungkus dengan semangat yang sama. Tapi ia juga menghadirkan ‘Jello’ dengan pendekatan bop catchy yang kekinian. Sebuah track dance yang menggoda dengan ketukan kaya synth. Single dirilis tanggal 14 Desember.


Robin Thicke (Single / Thicke Music) – Testify

Robin Thicke siap untuk comeback. Ia baru saja merilis ‘Testify’ melalui labelnya sendiri, Thicke Music, yang berkolaborasi bersama EMPIRE. ‘Testify’ merupakan single andalannya untuk album mendatangnya dan sepertinya mendefinisikan apresiasi Robin untuk tahapan termutakhir dalam kehidupannya. Lagu balada akustik ini merupakan catatan personal Robin akan salah langkah yang pernah dilakukannya, kehilangannnya dan akhirnya keinginannya untuk menemukan cinta sejati. Menilik lirik, sepertinya lagu merupakan pernyataan cinta dan kesetiaan kepada sang kekasih, April Love Geary, yang saat ini sedang mengandung anak kedua mereka, hanya beberapa bulan selepas mendapatkan seorang putri benama Mia. Single dirilis tanggal 13 Desember.


Gerard Way feat. Lydia Night (Single / Reprise) – Dasher

Selepas merilis album “Hesitant Alien” di tahun 2014 lalu, mantan vokalis My Chemical Romance, Gerard Way, bergeliat kembali dengan single barunya. Bertajuk ‘Dasher’, boleh jadi single akan menjadi pembuka jalan untuk album keduanya. ‘Dasher’ sendiri mengundang Lydia Night untuk membantu Gerard. ‘Dasher’ disajikan masih dengan mengusung unsur emo yang kuat, meski lagu bertempo sedang ini tampaknya lebih mengedepankan sisi melakolisme ketimbang rocknya. Tapi tak mengapa. Lagunya memang menarik untuk disimak. Single dirilis tanggal 14 Desember.


Ben Adams (Single / Benjamin Adams) – You’ll Be My Ghost

Ben Adams memang masih betah bersama kumpulan yang membesarkan namanya, A1. Tapi bukan berarti ia melupakan karir solonya. Kali ini ia menghadirkan sebuah track berjudul ‘You’ll Be My Ghost’. Sebuah track mid-tempo, ‘You’ll Be My Ghost’ adalah sebuah balada pop yang dibungkus dengan unusr tropical. Meski ada ketukan ritmis di dalamnya, tapi lagu sejatinya memang lebih mengedepan sisi melankolisme. Ini merupakan single kedua yang dilepas Ben di tahun 2018 ini selepass ‘I Can’t Make You Love Me’ beberapa bulan lalu. Single dirilis tanggal 14 Desember.


Utada Hikaru (Single / Epic) – Don’t Think Twice

Sang Ratu J-Pop, Utada Hikaru, kembali lagi terlibat bersama kreator “Kingdom Hearts” untuk menggubah lagu salah satu game-nya. Sang hitmaker telah menghadirkan lagu tema untuk dua seri game tersebut dan kini tradisinya berlanjut dengan “Kingdom Hearts III”. Ada dua lagu untuk proyek ini, ‘Face My Fears’ dan ‘Don’t Think Twice’, yang dilepas sebagai single. Sebuah bop mid-tempo yang mengandalkan vokal syahdu dari Utada, sehingga melarutkan perasaan para pendengarnya. Single dirilis tanggal 10 Desember.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.